4 HIKMAH SUJUD SYUKUR SERTA TATA CARA SUJUD SYUKUR

Kezanari – Sujud syukur merupakan sujud yang dilakukan oleh umat muslim kepada Allah SWT karena telah mendapatkan nikmat dan syukur tanpa disangka-sangka. Melakukan sujud syukur adalah wujud ungkapan rasa bersyukur seseorang atas segala nikmat yang telah diberikanNya.

Melaksanakan sujud syukur dalam islam adalah sunnah, dalam hadist riwayat Abu daud menceritakan :

“Bahwa Nabi Muhammad SAW, apabila datang kepada beliau sesuatu yang menggembirakan, atau kabar suka, beliau terus sujud semata-mata berterima kasih kepada Allah.” (HR. Abu Daud)

Berikut 4 hikmah melaksanakan sujud syukur :

tata cara sujud syukur

1. Mengingat Allah SWT

Melaksanankan sujud syukur adalah cara kita untuk mengingat kebesaran Allah SWT dalam mengasihi kita selama melakukan perjalanan hidup. Cara ini merupakan akhlaq dalam islam yang sangat terpuji. Sebagaimana Allah SWT berfiman :

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُواْ لِي وَلاَ تَكْفُرُونِ

Artinya: “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (ni`mat) -Ku”. (QS. Al-Baqarah : 152).

2. Ungkapan Rasa Syukur

Sujud syukur bisa memberikan hikmah kepada kita agar kita selalu bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan. Allah SWT berfirman :

 “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim : 7).

Dalam firman Allah SWT tersebut dijelaskan jika kita bersyukur dalam kondisi apapun maka Allah SWT akan menambahkan nikmat yang lebih, namun jika kita tidak bersyukur maka Allah SWT akan memberikan azab yang sangat pedih.

BACA JUGA :  Fakta-Fakta Unik Coto Makassar, Sajian Berkuah Khas Nusantara Berusia 5 Abad

3. Mendekatkan Diri pada Allah SWT

Diriwayatkan oleh hadist Muslim, Rasulullah SAW bersabda :

“Paling dekatnya seorang hamba kepada Tuhannya ialah pada waktu ia sedang sujud, oleh karena itu perbanyaklah doa.” [HR. Muslim].

Dalam hadist tersebut dijelaskan jika Rasulullah memberikan kita petunjuk jika kita ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT pada waktu sujud. Maka jika kita melaksanakan sujud syukur kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

4. Sebagai Bentuk Kepasrahan

Pasrah atau berserah diri kepada Allah SWT merupakan cara yang baik agar hati kita tenang dalam menjalani hidup. Dengan melakukan sujud syukur artinya bahwa kita benar-benar mensyukuri segala nikmat yang diberikan dan memasrahkan apa yang kemudian akan terjadi selanjutnya.

Untuk itu kita sebagai umat Muslim hendalkah melaksanakan sujud syukur ketika Allah SWT memberikan nikmat. Berikut tata cara melaksanakan sujud syukur :

Membaca Niat

Membaca niat dalam hati :

“Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala.” Artinya: “Saya niat melakukan sujud syukur sunah karena Allah Ta’ala.” Sambil berdiri menghadap kiblat.

Takbiratul Ihram

Melakukan Sujud Syukur Satu Kali

Membaca Doa Sujud Syukur Saat Posisi Sujud

Bacaan doa sujud syukur adalah sebagai berikut.

سُبْحَانَ اللّهِ والْحَمْدُللّهِ وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اللّهُ اَكْبَرُلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بالله العلي العظيم

“Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.”

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung.”

Duduk di Antara Dua Sujud

Mengucapkan Salam.

Itulah Tata cara sujud syukur serta hikmah dalam melaksanakan sujud syukur. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT. Amiin yarabbal alamin.

BACA JUGA :  Daftar Sbobet88 Dapat Menghasilkan Uang
Berita Updatehikmah sujud yang benar

About admin

Check Also

realtime monitoring

Pemanfaatan Metode Realtime Monitoring dalam Industri Manufaktur

Kezanari – Realtime monitoring adalah suatu proses memantau seluruh alur kerja secara realtime. Dalam industri …

Leave a Reply

Your email address will not be published.