Apa Itu Datang Bulan dan Bagaimana Tandanya?

apa itu datang bulan

Kezanari – Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari kewanitaan perempuan yang terjadi karena siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Oleh karena itu, anda tidak perlu bingung lagi dengan apa itu datang bulan.  Siklus ini sendiri meruakan proses ogran reproduksi yang siap jika terjadi kehamilan. Oleh karena itu, persiapan ini akan ditandai dengan penebalan dinding rahim yang berisi pembulu darah. Jika tidak terjadi kehamilan maka dinding rahim tersebut akan meluruh dan keluar bersama darah melalui alat reproduksi wanita.

apa itu datang bulan

Fase-fase pada datang Bulan

Jika kita teliti lebih lanjut maka datang bulan juga akan mempengaruhi perubahan kondisi rahim dan konsentrasi hormon. Adapun beberapa fase ketika datang bulan adalah sebagai berikut. Fase pertama disebut fase menstruasi yang ditandai dengan terjadinya peluruhan dinding rahim yang berisi pembuluh darah dan cairan lendir. Fase ini sendiri akan terjadi ketika sel telur tidak dibuahi sehingga akan tidak terjadi kehamilan. Kondisi ini sendiri yang membuat terjadinya menstruasi atau apa itu datang bulan.

Fase selanjtunya adalah fase folikular. Pada tahap ini seorang wanita akan mengeluarkan GnRH untuk merangsang kelenjar pituitari atau hipofisis sehingga akan mengeluarkan FSH. FSH ini sendiri akan merangsang indung telur atau ovarium untuk membentuk folikeel yang berisi sel telur yang belum matang. Folikel ini sendiri akan terus berkembang selama sekitar 16 hari bersamaan dengan perkembangan sel telur. Folikel yang sedang mengalami pematangan akan mengeluarkan hormon estrogen yang mulai meerangsang penebalan dinding rahim.

Adapun fase terakhir adalah fase ovulasi. Pada fase ini maka terjadi ketikaa ovarium melepaskan sel telur yang sudah matang ke saluran indung sel telur akan keluar dari ovarium ketika kadar LHI didalam tubuh mencapai puncaknya. Sel telur ini juga akan keluar dari ovarium menuju rahim untuk siap dibuahi oleh sperma. Jika tidak dibuahi maka sel telur akan melebur 24 jam setelah terjadinya ovulasi. Itulah bebrapa informasi terkait dengan menstruasi atau datang bulan sehingga anda tidak bingung lagi dengan apa itu datang bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *