Apa Penyebab Benjolan pada Payudara? Berikut Jawabannya

kezanari-benjolan di payudara

Kezanari – Benjolan yang muncul pada payudara tidak selalu berkaitan dengan kanker. Terdapat beberapa alasan mengapa payudara Anda timbul benjolan, namun terkadang tidak menimbulkan rasa sakit. Berikut beberapa penyebab yang paling umum dari munculnya benjolan pada payudara yang perlu Anda ketahui.

kezanari-benjolan di payudara

1. Payudara Anda Padat

Tahukah Anda? Payudara terdiri dari kombinasi jaringan ikat dan jaringan lemak. Wanita dengan payudara padat biasanya mempunyai banyak jaringan ikat dan sedikit jaringan lemak. Menurut University of Rochester Medicak Center, dua per tiga dari wanita yang mengalami premenopause dan post-menopause mempunyai jaringan payudara yang padat.

Sehingga, terbilang sulit untuk membedakan benjolan biasa dan kanker dengan menggunakan alat mammogram tradisional. Oleh sebab iti, sangat penting untuk mengetahui apakah yang timbul tersebut benjolan baru atau lama, dan apakah benjolan tersebut berubah.

2. Tumor

Salah satu penyebab benjolan pada payudara pada umumnya adalah fibroadenoma atau tumor jinak. Menurut American Cancer Society, fibroadenoma terdiri dari dua jaringan kelenjar payudara dan ikat yang paling umum terjadi pada wanita usia 20 – 30 tahun.

Fibroanema mempunyai ukuran dan juga jenis yang bervariasi, dan sering kali tumor jinak ini digambarkan dengan bentuk yang kencang, halus, atau seperti karet. Walau tidak berbahaya, namun jika tumor jinak ini terus tumbuh besar, maka bisa mempengaruhi bentuk dan penampilan payudara.

3. Kista

Perubahan dalam jaringan pada payudara dapat disebabkan oleh fibrosis atau kista yang pada umumnya mempunyai sifat jinak. Fibrosis merupakan nama untuk jaringan fibrosa yang bebentuk padat, dan sama dengan jaringan ligament dan jaringan parut.

Area yang terdapat fibrosis bisa jadi terasa lebih kenyal, kencang, atau bahkan sulit untuk disentuh. Sementara itu, kista biasanya memiliki bentuk yang bulat, bisa bergerak-gerak, dan benjolan cairan ini pada umumnya terjadi pada wanita usia 40 tahun.

Kista ini biasanya ukurannya akan membesar jika Anda sedang mendekati siklus haid Anda. namun, kista pada payudara tidak disebabkan oleh haid. Akan tetapi, kista pada payudara ini tidak disebabkan oleh haid. Untungnya, kista jenis ini terbilang jinak dan bisa dikurangi dengan membatasi asupan kafein dan nikotin.

4. Haid

Perubahan hormon pada saat haid bisa memperburuk dari semua masalah pada jaringan payudara. Selain itu, haid juga bisa menyebabkan payudara Anda membengkak dan terasa berbeda. Hal tersebut normal karena terdapat cairan berlebih di bagian dada Anda akibat hormone.

5. Gumpalan Darah

Walaupun jarang, benjolan di payudara bisa disebabkan oleh pembekuan darah di pembuluh darah yang terletak di bawah kulit. Kondisi ini terbilang langka dan bisa mempengaruhi salah satu pembuluuh darah, dan juga mempengaruhi benjolan di sisi luar atau bawah puting payudara.

Nah, itu dia ulasan mengenai penyebab benjolan pada payudara yang patut Anda ketahui. Anda bisa berdikusi mengenai benjolan di payudara atau masalah wanita lainnya di forum diskusi orami.co.id. Selain itu, di Orami Anda juga bisa berbelanja berbagai kebutuhan ibu dan anak dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *