Beragam Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat donor darah

Kezanari – Donor darah mungkin menjadi salah satu hal yang tampak mengerikan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, ketika mendonorkan darah, seseorang akan dipasang alat khusus untuk mengambil darah dari tubuh yang kemudian disimpan dalam kantong darah. Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya ada cukup banyak manfaat donor darah, terutama bagi kesehatan.

Nah, adanya beberapa manfaat dari donor darah bagi kesehatan ini tentu bisa menjadi pemicu kenapa Anda sebaiknya melakukan donor darah. Lantas, apa saja manfaat terbaik dari donor darah untuk kesehatan umum pendonor? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

manfaat donor darah

Manfaat Terbaik Donor Darah Untuk Kesehatan

Sebagaimana yang disinggung di awal, donor darah baik untuk kesehatan tubuh pendonor. Adapun beberapa manfaat terbaik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melancarkan sirkulasi darah

Salah satu manfaat dari donor darah adalah melancarkan sirkulasi darah. Dengan mendonorkan darah secara teratur, maka aliran darah di dalam tubuh akan bebas dari risiko mampat. Tentu saja, dengan aliran darah yang lebih teratur, kesehatan tubuh akan lebih terjaga.

  • Mengurangi kadar kolesterol

Kolesterol adalah salah satu biang penyakit yang tentu saja harus dihindari. Nah, salah satu cara menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh adalah dengan donor darah. Aktivitas donor darah ini secara alami akan menurunkan kadar kolesterol dan menahannya di level normal sehingga tubuh akan cenderung lebih sehat.

  • Menjaga kesehatan hati

Manfaat lain dari donor darah adalah menjaga kesehatan hati. Sebagaimana diketahui, fungsi hati sangat penting yaitu menyerap racun yang ada di dalam tubuh. Nah, dengan melakukan donor darah secara teratur, maka kandungan zat besi di dalam darah akan cenderung stabil. Kondisi ini akan menurunkan risiko terkena hepatitis C.

  • Mengetahui gangguan kesehatan secara dini

Dengan melakukan donor darah, maka Anda juga bisa mengetahui gangguan kesehatan yang diderita sejak dini. Sebagaimana diketahui bahwa saat proses donor darah, maka petugas akan memeriksa kandungan darah, mulai dari hemoglobin, tekanan darah, dan lainnya.

Nah, sample darah yang masuk pun nantinya akan diperiksa di laboratorium. Jika ada masalah yang tergambar dari sample darah tersebut, nantinya petugas akan memberitahukan hal tersebut secara langsung kepada pendonor dan mungkin memberikan bantuan lanjutan.

Beberapa manfaat di atas tentu menunjukkan bahwa sebenarnya aktivitas donor darah adalah hal yang menguntungkan, terutama bagi pendonor. Oleh karenanya, Anda tidak perlu ragu untuk melakukannya, terutama dengan teratur.

Sebagai tambahan, donor darah juga akan membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Hal ini dikarenakan proses donor darah yang dilakukan akan membakar kalori sebanyak 650. Oleh karenanya, pendonor darah yang teratur akan cenderung lebih aman dari risiko kegemukan dan memiliki tubuh yang cenderung bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *