Berapa Jumlah Kebutuhan Serat Harian Kita?

Kezanari – Serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna tubuh. Tapi bukan berarti nggak berguna, justru karena sulit atau bahkan tidak bisa dicerna tubuh, serat justru punya segudang manfaat yang berhasil dibuktikan lewat beberapa penelitian ilmiah.

Salah satu yang paling terkenal adalah, membantu menurunkan berat badan. Sifat serat yang tidak bisa dicerna ini akan membuat usus terasa penuh sehingga Anda akan merasakan kenyang lebih lama, dan terhindar dari keinginan untuk ngemil atau makan berlebih.

Serat juga berperan penting dalam menurunkan kolesterol dengan cara menyerap kolesterol jahat dan membuangnya bersama kotoran. Manfaat serat lainnya yang tidak kalah penting adalah, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan membantu mengendalikan gula darah.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, jumlah kebutuhan serat masing-masing individu berbeda, sesuai dengan usia, dan jenis kelamin.

  • Untuk wanita dewasa, disarankan mengkonsumsi 25 gram per hari
  • Untuk pria dewasa, disarankan mengkonsumsi 38 gram per hari.
  • Untuk wanita berusia di atas 50 tahun, disarankan mengkonsumsi 21 gram per hari.
  • Untuk pria berusia di atas 50 tahun, disarankan mengkonsumsi 30 gram serat per hari.

Jumlah kebutuhan serat tersebut bisa didapat lewat konsumsi makanan tinggi serat, seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan lainnya.

solusi untuk memudahkan dan melancarkan proses buang air besar

Suplemen Serat Bisa Jadi Solusi

Agar lebih mudah mendapatkan asupan serat sesuai kebutuhan, banyak orang yang lebih memilih mengkonsumsi suplemen serat. Menurut Mayo Clinic, perubahan kebiasaan ini pada dasarnya tidak jadi masalah, kecuali jika Anda sepenuhnya mengandalkan kepada asupan suplemen serat.

Idealnya Anda disarankan mencukupi kebutuhan serat harian dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat. Tapi sayang, tidak semua orang bisa melakukannya. Dalam kondisi ini, suplemen serat bisa jadi solusi untuk menambal kekurangan asupan serat tersebut.

BACA JUGA :  Tips Memilih Makanan Tepat Untuk Diet Sehat Anda

Selain itu, dalam beberapa kondisi Anda kerap dituntut untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan tinggi serat. Misalnya saat mengalami sembelit, suplemen serat bisa jadi solusi untuk memudahkan dan melancarkan proses buang air besar.

Di pasaran sendiri ada banyak produk suplemen serat yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, salah satu yang terbaik adalah Vegeta Scrubber, produk suplemen serat yang lebih dikenal karena sering digunakan sebagai minuman pendamping diet.

Dalam satu sachet kemasan Vegeta Scrubber, terkandung 5 gram serat yang sudah cukup membantu  memelihara kesehatan sistem pencernaan. Tidak perlu banyak-banyak, Anda disarankan untuk mengkonsumsinya 1 sachet per hari.

Tapi dalam kondisi tertentu, produk ini bisa ditingkatkan konsumsinya menjadi 2 sachet per hari, dikonsumsi sebelum tidur dan setelah makan siang. Tapi sebelum itu, pastikan membaca petunjuk penggunaan yang tertera di bungkus kemasannya.

Vegeta Scrubber sendiri mengandung sejumlah bahan alami yang terbukti aman, diantaranya Psyllium yang mengandung 70 persen serat larut air, dan terbukti dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, melancarkan pencernaan dan membantu memelihara kesehatan usus.

Selain itu, Vegeta Scrubber mengandung inulin, serat prebiotik yang dapat membantu meningkatkan populasi bakteri baik di usus, mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi makanan, dan membantu menghasilkan hormon yang berhubungan langsung dengan sensasi rasa cemas dan lapar,

About admin

Check Also

makanan penyebab jerawat

5 Makanan yang Bisa Mencegah Produksi Sebum Berlebih

Kezanari – Produksi sebum yang berlebihan memang memicu masalah pada wajah mulai berminyak, jerawat dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.