Berbagai Cara Transfer Uang Lewat HP Mudah Tanpa Keluar Rumah

Kezanari – Di era serba digital seperti sekarang ini, transaksi jual-beli semakin lebih mudah karena bisa dilakukan dengan menggunakan HP saja. Bahkan hal ini juga dipermudah dengan kehadiran transfer uang yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa harus keluar rumah mencari-cari mesin ATM ataupun mengunjungi bank terdekat. Pasalnya, sekarang ini sudah banyak aplikasi transfer uang gratis yang bisa dimanfaatkan.

aplikasi transfer uang gratis

Cara Transfer Uang Lewat HP

Beruntungnya, sekarang sudah ada banyak pilihan cara transfer uang yang dapat kamu lakukan dengan HP. Berikut adalah daftarnya:

1. SMS Banking

Zaman dulu, orang tua kita selalu menggunakan sistem SMS Banking untuk mengirim uang ke sanak saudara atau bahkan kerabat bisnis mereka. Untuk dapat menikmati layanan ini, nasabah harus mendaftarkan rekening dan nomor teleponnya ke kantor cabang terdekat.

Sistem transfer uang dengan SMS Banking ini tidak mengharuskan penggunanya memiliki jaringan internet, melainkan melalui pesan singkat yang akan dikenakan biaya administrasi melalui pulsa. Sistem kerjanya yaitu dengan menggunakan kode khusus yang berbeda tergantung dengan transaksi yang akan dilakukan. Biaya yang dibebankan adalah tergantung pada biaya SMS yang diberlakukan bank atau operator yang digunakan.

2. Mobile Banking

Selanjutnya ada mobile banking. Setiap bank pasti memiliki aplikasi mobile banking masing-masing, sehingga kamu dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store atau App Store. Tapi, untuk dapat menikmati akses ini, kamu harus mendaftarkan rekening kamu ke kantor bank tersebut.

Setelah mendapatkan akses, kamu dapat melakukan transfer uang, mengecek saldo, mutasi rekening, membayar tagihan telepon atau kartu kredit, dan lain-lain.

BACA JUGA :  Tips Mencari TV Digital Untuk Hiburan Dirumah Bersama Keluarga

3. Internet Banking

Seperti SMS Banking dan mobile banking, nasabah harus mendaftarkan rekening mereka ke bank untuk mendapatkan user ID, token, dan password. Bedanya dengan mobile banking adalah, internet banking dibuka melalui halaman website bukan aplikasi.

Biasanya, mereka yang sering menggunakan internet banking adalah para pebisnis yang sering melakukan transfer uang dengan nominal yang besar. Untuk masalah sistem keamanan, internet banking ternilai sangat aman karena nasabah hanya dapat mentransfer uang dengan memasukkan nomor token yang mereka terima melalui SMS.

4. Dompet Digital atau E-Wallet

Dompet digital merupakan aplikasi finansial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu alasannya adalah pengguna tidak perlu membuka rekening tabungan melalui bank. Cara transfer uang lewat HP dengan dompet digital ini hanya membutuhkan nomor telepon saja, pengguna dapat melakukan transfer uang ke nomor telepon penerima.

Tapi, sebelum melakukan transfer uang, pengguna harus memiliki saldo yang cukup di aplikasi E-Wallet ini. Pengguna dapat mengisi saldo melalui mobile banking atau melalui gerai minimarket jika tidak memiliki rekening tabungan.

5. Aplikasi Transfer

Saat ini di Indonesia memiliki 107 bank yang berbeda. Sayangnya, untuk transfer uang ke antar bank memiliki biaya administrasi yang cukup mahal, yakni berkisar Rp4.000 hingga Rp6.500 per transaksi.

Beruntungnya, sekarang sudah ada aplikasi transfer uang gratis antar bank yang mudah dipakai, cepat, dan aman. Dengan adanya fasilitas ini maka Anda bisa lebih bebas melakukan transaksi transfer uang.

Baik nasabah bank maupun non nasabah bank sekarang dapat mengirim uang dengan cara transfer uang lewat HP dari daftar tersebut. Namun mengingat sebagian besar aplikasi memanfaatkan koneksi internet dalam sistem kerjanya, pastikan koneksi Anda lancar sebelum melakukan aktivitas transfer ya. Dengan begitu risiko transaksi gagal dapat dicegah.

About admin

Check Also

cat rambut coklat

Memilih Varian Cat Rambut Coklat yang Populer

Kezanari – Banyak orang yang suka mengganti warna rambut, mungkin Anda termasuk salah satunya? Di …

Leave a Reply

Your email address will not be published.