Dari Yang Khas, Hingga Legendaris! Berikut Informasi Wisata Kuliner Di Yogyakarta

Kezanari – Informasi wisata kuliner kali ini akan singgah di Kota Yogyakarta. Siapa yang tidak dikenal kota pendidikan? Kota yang memiliki beragam destinasi wisata memukau, hingga kuliner yang membuat rindu. Beberapa kuliner khas Yogyakarta populer karena melegenda atau dikenai harga murah.

Informasi wisata kuliner

1. Warung Kopi Klotok

Rindu suasana kampung halaman? Kawasan Warung Kopi Klotok menyuguhkan lingkungan yang tenang dan asri untuk pengunjungnya. Lokasinya berada di area Sawah Pakembinangun, Kabupaten Sleman.

Tempat makan ini selalu ramai akan pengunjung yang ingin menikmati sarapan atau makan siang. Lauknya tentu saja khas pedesaan, seperti sayur kluwih, sayur lodeh, sayur asem, sambal dadak, segono dengan varian lauk yang beraneka ragam.

2. Warung Makan Jogloparisewu

Tempat makan dengan furniture dan suasana tradisional yang masih melekat, Warung Makan Jogloparisewu patut dikunjungi untuk mendapatkan atmosfer tersebut. Lokasinya berada di Bromonilan, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

Bangunan resto di desain ala-ala Jawa klasik dengan pemandangan sekitar hijau dan asri, membuat siapa saja merasa tenang ketika mengunjunginya. Ditambah dengan suara gemericik dari air terjun dan kolam. Banyak menu makanan yang dijual di tempat ini. Harga relatif standar dan pelayanan tetap memuaskan wisatawan yang datang.

3. Pecel Jogja

Jika berkunjung ke Kota Pendidikan, rasanya belum lengkap, apabila belum menyantap pecel khasnya mereka. Banyak gerai maupun tenda yang bisa wisatawan kunjungi, tersebar di pasar tradisional, bahkan jalan setapak.

Gerai yang paling terkenal berada di Malioboro. Pecel adalah hidangan sederhana, berisi sayuran atau lalapan yang disiram dengan bumbu kacang. Lauk tambahannya bisa berupa gorengan atau macam-macam sate. Harga dari pecel sangatlah terjangkau per porsinya, sehingga banyak disukai masyarakat dari berbagai kalangan.

BACA JUGA :  Tips dan Trik Dekorasi Rumah Mudah Tanpa Ribet

4. Bubur Kampiun Jogja

Wisatawan bisa berburu jajanan bubur kampiun, apabila melipir ke Pasar Beringharjo. Di pasar tersebut, ada bubur kambing yang sudah terkenal. Lokasinya berada di sebelah selatan pasar. Satu porsi bubur kampiun dijual dengan harga Rp10.000.

5. Mie Ayam Bu Tumini

Informasi wisata kuliner yang selanjutnya ada pada warung mie ayam. Tempat ini sangatlah terkenal dan ramai pengunjung setiap harinya. Lokasinya berada di Jalan Imogiri Timur, Nomor 100, Kecamatan Umbulharjo. Satu porsi mie dihargai Rp8.000, sedangkan versi jumbonya dihargai Rp14.000.

Ceker yang ada di Mie Ayam Bu Tumini menjadi nilai plus, ditambah bumbu kuahnya yang sedap dan kaya akan rempah. Disajikan pula dengan potongan ayam besar-besar, membuatnya memiliki banyak penggemar.

6. Mangut Lele Mbah Marto

Sebenarnya, banyak lapak Mangut Lele Mbah Marto yang merupakan cabang dari lapak-lapak keturunan Mbah Marto. Salah satunya berlokasi di Jalan Parangtritis. Lele Mbah Marto dibuat secara unik, Tani dibumbui terlebih dahulu, kemudian diasap atau dibakar hingga matang merata untuk menghasilkan rasa lele yang smoky. Satu porsi lengkap dengan nasi dan sayuran, dihargai Rp25.000.

7. Warung Raminten

Informasi wisata kuliner khas Jawa Tengah ini wajib untuk dikunjungi wisatawan ketika berlibur ke Jogjakarta. Makanan tradisional khas House Of Raminten bisa wisatawan nikmati jika melipir ke Jalan Faridan M. Noto. Jika datang dari nol kilometer, pengunjung membutuhkan waktu 5-10 menit untuk sampai.

Banyak menu makanan yang bisa dipesan, seperti gudeg, pecel, dan sego bakar. Salah satu menu andalannya adalah ayam koteka, yaitu ayam yang dibumbui dan dibakar dalam batang bambu. Ada pula varian minuman unik yang bisa dinikmati, seperti wedang ronde, wedang pajimatan, dan wedang kacang. Dengan menu yang variatif, pengunjung cukup membayar dengan harga terjangkau.

BACA JUGA :  Mengenal Stadion-Stadion Penyelenggara Euro 2020/2021 Sebagai Tuan Rumah

Semakin rindu dengan kuliner khas malioboro atau kawasan Yogyakarta? Sempatkan waktu untuk menjelajah masing-masing wisata kuliner yang menggugah selera. Dengan begitu, wisatawan secara tidak sengaja ikut melestarikan dan mempopulerkan informasi wisata kuliner khas Indonesia.

Sumber : https://www.goksss.com/

About admin

Check Also

makanan penyebab jerawat

5 Makanan yang Bisa Mencegah Produksi Sebum Berlebih

Kezanari – Produksi sebum yang berlebihan memang memicu masalah pada wajah mulai berminyak, jerawat dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.