Fakta-Fakta Unik Coto Makassar, Sajian Berkuah Khas Nusantara Berusia 5 Abad

kezanari-coto makassar

Kezanari – Ketika mengunjungi restoran di Makassar, jangan sampai lupa memesan coto makassar. Gurihnya jeroan yang berpadu dengan kuahnya yang berempah, membuat coto makassar sangat disukai oleh masyarakat. Tak hanya masyarakat lokal, wisatawan yang berkunjung pun kerap memakan makanan satu ini saat liburan ke Makassar. Selain enak, hidangan berkuah ini pun punya sejumlah fakta unik, seperti:

kezanari-coto makassar

Makanan berkuah tertua di Indonesia

Tahukah Anda, coto makassar merupakan makanan berkuah tertua di Nusantara? Berdasarkan sejumlah sumber, coto makassar sudah dikenal masyarakat sejak 1538 atau hampir lima abad lalu. Sejumlah opini pun menyebutkan coto makassar awalnya dibuat oleh rakyat jelata untuk disajikan kepada pengawal kerajaan. Tak lama setelah itu, makanan tersebut menjadi favorit para bangsawan dan kalangan kerajaan.

Perkembangan dari makanan khas Tiongkok

Adalah caudo, makanan khas Tiongkok yang menjadi latar belakang munculnya coto makassar. Kombinasi rempah khas Nusantara dengan makanan berkuah dari Negeri Tirai Bambu menjadikan coto makassar sebagai hidangan yang kaya rasa. Hal tersebut tak terlepas juga dari pemakaian sambal tauco yang melengkapi rasa coto makassar sehingga berbeda dengan soto lainnya di Indonesia.

Memanfaatkan 40 jenis rempah

Untuk menghasilkan kuah yang wangi dan kaya rasa, coto makassar menggunakan sekitar 40 jenis rempah dalam proses pengolahannya. Sejumlah rempah yang digunakan adalah bawang merah dan putih, lengkuas, cengkeh, kacang tanah, kemiri, merica, ketumbar, jahe, laos, hingga jintan. Selain itu, coto makassar mengandalkan kuali tanah yang disebut sebagai Uring Butta dalam pembuatannya untuk menciptakan rasa yang begitu khas.

Memberikan khasiat bagus untuk kesehatan

Banyaknya rempah yang digunakan membuat coto makassar berkhasiat untuk kesehatan Anda. Sebut saja buat mengatasi anemia atau kekurangan darah yang disebabkan karena kurangnya asam folat dan zat besi di dalam tubuh. Bukan hanya itu, coto makassar juga mempunyai kandungan-kandungan yang diperlukan untuk membentuk sel-sel darah merah di tubuh. Bahkan, coto makassar pun mengandung vitamin B untuk perkembangan otak dan sel saraf manusia.

Inspirasi utama dari soto-soto di Indonesia

Sebagai makanan berkuah tertua di Indonesia, coto makassar menjadi inspirasi utama dari sebagian besar soto yang pernah Anda dengar atau cicipi. Misalnya saja soto madura dan soto tegal. Hal ini tak terlepas dari jasa para pelaut Bugis Makassar yang memperkenalkan coto makassar saat mereka berkelana ke seluruh penjuru Nusantara. Jadi, jangan kaget kalau Anda akan menemukan banyak perbedaan.

Bagaimana, tertarik mencicipi coto makassar? Selain di restoran, Anda juga bisa menjumpai coto makassar di warung pinggir jalan, loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *