Gagal Ginjal: Definisi, Penyebab dan Cara Penanganan

apa itu gagal ginjal

Kezanari – Ginjal memiliki fungsi yang begitu penting di dalam tubuh. Sebagai penyaring racun, ginjal akan memastikan jika tubuh bebas dari racun sehingga kesehatan tubuh secara umum akan terjaga. Namun, pola hidup yang salah terutama dalam hal konsumsi bisa menyebabkan gangguan pada ginjal, salah satunya adalah gagal ginjal. Nah, apa itu gagal ginjal?

Bisa dikatakan jika gagal ginjal merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat serius. Jika gangguan kesehatan ini muncul, maka ginjal tidak akan bekerja dengan baik. Akibatnya, fungsi ginjal menjadi lemah dan racun yang ada di dalam tubuh tidak bisa ditanggulangi dengan baik hingga mengharuskan penderita untuk melakukan cuci darah secara berkala.

apa itu gagal ginjal

Definisi Gagal Ginjal

Secara singkat, gagal ginjal adalah kondisi di mana ginjal sebagai organ tubuh kehilangan kemampuan dan fungsi untuk menyaring zat sisa yang ada di dalam darah. Jika kondisi ini terjadi, maka nantinya akan terjadi penumpulan limbah hingga zat kimia pada darah menjadi tidak teratur dan tidak seimbang.

Efek lain yang lebih jauh adalah nantinya zat racun yang seharusnya dikeluarkan melalui urine juga akan tertahan. Zat racun akan menjadi musuh bagi kesehatan tubuh. Oleh karenanya, penderita gagal ginjal umumnya akan cenderung lebih mudah terkena gangguan kesehatan dan memiliki keseimbangan tubuh yang cukup buruk.

Beberapa Penyebab Gagal Ginjal

Ada beberapa penyebab yang menjadi biang terjadinya gagal ginjal. Beberapa penyebab yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Diabetes

Diabetes atau masalah kegemukan menjadi salah satu biang kenapa seseorang bisa terkena gagal ginjal. Hal ini dikarenakan ketika diabetes terjadi, maka pembuluh darah tubuh akan terluka, termasuk pembuluh darah ginjal. Kondisi inilah yang akan membuat tekanan pada ginjal menjadi lebih besar dan ginjal akan kehilangan fungsinya.

2. Hipertensi

Tekanan darah tinggi juga menjadi biang dari gagal ginjal. Dalam hal ini, ketika seseorang mengalami hipertensi, maka ada tekanan tinggi para arteri dan akan mempersempit pembuluh darah. Kondisi ini akan memacu ginjal bekerja lebih keras dan nantinya jika hipertensi terus terjadi, ginjal akan mengalami kegagalan untuk melaksanakan fungsinya.

3. Efek obat

Kerusakan pada ginjal juga bisa terjadi karena efek obat. Konsumsi obat tertentu dalam waktu yang lama akan berdampak pada kondisi ginjal. Dalam hal ini, gagal ginjal akan terjadi sebab zat kimia dari obat menumpuk dan tidak bisa dimurnikan dengan maksimal.

Beberapa poin di atas adalah penyebab umum kenapa gagal ginjal bisa terjadi. Selain itu, gagal ginjal juga terjadi karena pola konsumsi yang salah, terutama konsumsi minuman berenergi dalam waktu yang lama.

Penanganan Pada Gagal Ginjal

Penanganan pada gagal ginjal nantinya akan dilakukan sesuai dengan tingkat kerusakan ginjal yang terjadi. Tentu saja, semakin parah kerusakan yang terjadi, maka penanganan yang dilakukan akan cenderung lebih khusus.

Pemberian obat menjadi penanganan gagal ginjal yang paling umum. Ada beberapa jenis obat yang akan dikonsumsi oleh penderita. Obat ini nantinya berfungsi untuk mengembalikan fungsi ginjal agar bisa bekerja dengan baik sebagaimana seharusnya. Selain itu, obat juga akan menetralkan zat sisa di dalam darah.

Selain pemberian obat, gagal ginjal juga bisa ditangani dengan cuci darah. Umumnya, penderita yang harus melakukan cuci darah adalah mereka dengan tingkat kerusakan ginjal yang mulai parah. Cuci darah akan dilakukan dengan tujuan menghilangkan zat sisa di dalam tubuh yang tidak bisa diuraikan oleh ginjal.

Demikian beberapa ulasan tentang apa itu gagal ginjal serta penanganan yang mungkin bisa dilakukan. Untuk informasi lain terkait gagal ginjal, Anda bisa mengklik laman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *