Hati-Hati, Ini 5 Penyakit Kronis yang Mengancam Anak Muda

asuransi jiwa premi murah

Kezanari – Mendengar berita bahwa rekan kerja atau kerabat dekat Anda meninggal dunia karena penyakit di usia muda tentu mengejutkan. Hal ini membuktikan bahwa penyakit tak pernah pandang umur. Tua maupun muda, tetap akan menghadapi ancaman penyakit kronis yang menghampiri. Untuk itu, memproteksi diri dengan asuransi jiwa premi murah merupakan hal yang bijak karena produk ini dapat membantu meringankan biaya rawat inap maupun pengobatan beberapa penyakit kronis yang mungkin akan dialami kemudian hari.

Dari sekian banyak penyakit yang bisa menyerang Anda di usia muda, berikut lima penyakit kronis yang sepatutnya Anda waspadai dari sekarang.

asuransi jiwa premi murah

  • Asam urat dan kolesterol tinggi

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine dari Universitas California mengungkapkan bahwa dewasa muda di usia 20-an rentan terkena kolesterol tinggi. Bersama asam urat, gangguan kesehatan ini pun menjadi pemicu penyakit yang lebih serius seperti stroke hingga serangan jantung. Adapun faktor-faktor yang menyebabkannya seperti konsumsi fast food dan junk food berlebih, obesitas, dan gaya hidup yang buruk.

  • Gangguan pernapasan

Penyakit yang berkaitan dengan pernapasan juga menjadi salah satu penyakit kronis yang mengancam anak muda. Sebut saja asma biasa yang terbilang akut sampai yang kronis seperti PPOK (paru obstruktif kronis). Sekitar 85% kasus gangguan pernapasan disebabkan kebiasaan buruk seperti merokok. Paparan polusi udara, debu di lingkungan kerja, bahan kimia, hingga genetik langka adalah faktor-faktor lainnya yang dapat menimbulkan gangguan pada sistem pernapasan Anda.

  • Penyakit hati

Dalam satu dekade terakhir jumlah kasus penyakit hati mengalami kenaikan hingga 20%. Karena berkembang diam-diam, sebagian besar pasien baru menyadari keberadaannya saat sudah masuk ke level kronis. Ada tiga penyebab utama yang harus Anda waspadai, antara lain kecanduan minuman beralkohol, obesitas, serta virus radang hati (hepatitis). Tanpa penanganan lanjut, penyakit hati dapat mengancam nyawa sang penderita.

  • Stroke

Anak muda di rentang usia 20 hingga 45 tahun kini semakin berisiko mengalami stroke. Dilansir dari laman Verywellhealth, merokok, kegemukan, minuman beralkohol, dan diabetes adalah beberapa hal yang dapat memicu stroke. Ada juga penyebab lain seperti konsumsi obat-obatan terlarang dan infeksi berat yang akan mengantarkan Anda pada serangan dadakan. Jika tidak cepat diatasi, jumlah anak muda yang mengalami stroke akan terus bertambah.

  • Kanker

Tak bisa dipungkiri kalau kanker semakin umum dijumpai pasien usia muda, bahkan anak-anak. Berdasarkan Cancer Research UK, gaya hidup tak sehat merupakan akar utama dari sepertiga masyarakat yang mengidap kanker di dunia. Walau ada lebih dari 200 jenis kanker, kanker yang tumbuh di payudara, paru-paru, prostat, dan usus adalah tipe yang sering menyerang pasien di kategori usia muda.

Itulah penyakit-penyakit yang semakin sering mengintai generasi muda. Semoga informasi ini membuat Anda lebih awas dan sadar untuk menjaga kesehatan untuk mencegah tubuh terserang penyakit di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *