Ini Dia Faktor Penentu untuk Biaya Kirim Barang

biaya kirim barang

Kezanari – Tidak asing lagi jika pada kemudahan mengirim barang sudah dirasakan oleh masyarakat luas dengan adanya jasa pengiriman barang. Bahkan siapapun bisa mengirim barang ke luar negeri dengan waktu yang lebih cepat. Namun, sudah pasti jika Anda menggunakan jasa ini ada biaya yang dikenakan. Lalu faktor apa saja yang menentukan biaya kirim barang? Dan jika ingin mengirim barang ke Jepang berapa biayanya?

Faktor Penentu Biaya Kirim Barang

Mengirim barang dengan menggunakan jasa pengiriman memang sudah pasti dikenakan biaya. Di mana setiap jasa pengiriman memiliki biaya yang berbeda-beda. Berikut ini adalah faktor penentu akan biaya kirim yang akan dikenakan:

biaya kirim barang

1. Lokasi pengiriman

Penentu pertama adalah dari lokasi pengiriman yang dituju. Hal ini sudah sangat umum, di mana hampir seluruh perusahaan menggunakan sistem lokasi untuk menjadi penentu biaya kirim. Faktor penentu dari lokasi ini adalah dari kemudahan transportasi untuk menuju alamat pengiriman, jarak dan lain sebagainya. Biasanya lokasi yang susah dituju akan dikenakan biaya lebih mahal.

2. Berat barang

Penentu selanjutnya adalah dari berat barang yang dikirim. Untuk sistem ini juga sudah digunakan hampir seluruh jasa pengiriman. Namun, perlu Anda perhatikan pada poin yang satu ini. Karena jika barang yang dikirim memiliki berat 3,8 kilogram, maka perhitungannya menjadi 4 kg. Namun, jika berat hanya 3,1 kilogram maka akan dihitung 3 kg saja. Pembulatan dasar memang digunakan untuk memudahkan perhitungan biaya pengiriman.

3. Biaya tambahan

Adapun beberapa biaya tambahan yang bisa dikenakan. Biaya ini sendiri biasanya akan ditawarkan kepada customer yang mengirim barang yang memiliki resiko rusak tinggi. Semisalnya ingin mengirimkan barang seperti barang elektronik. Akan ada biaya tambahan untuk packing kayu yang lebih aman agar barang tidak rusak. Walaupun Anda bisa menolaknya, tapi resiko kerusakan tidak menjadi tanggung jawab jasa pengiriman.

4. Layanan pengiriman

Untuk penentu yang terakhir adalah dari layanan pengiriman yang Anda pilih. Jasa pengiriman memiliki beberapa layanan seperti pengiriman kilat, standar ataupun ekonomis. Apa perbedaan dari ketiganya? Sudah jelas dari waktu pengirimannya, di mana untuk yang kilat biasanya sehari sampai, lalu standar memakan waktu 2 hingga 3 hari dan ekonomis biasanya dapat mencapai seminggu.

Untuk penentu pengiriman tersebut berlaku di hampir seluruh jasa pengiriman baik untuk domestic maupun pengiriman internasional. Bagi Anda yang ingin mengirim barang ke negara lain, seperti Jepang pun memiliki biaya yang berbeda-beda, tergantung dari layanan yang dipilih serta berat barangnya.

Perkiraan kirim barang ke Jepang dengan menggunakan layanan Eco yang waktu sampai sekitar 3 hingga 5 hari adalah Rp. 490.000,- per kilogram. Untuk yang menggunakan Priority dengan perkiraan sampai sama adalah sekitar Rp. 460.000,- per kilogram, sedangkan untuk Premium adalah sekitar Rp. 640.000,- per kilogram dan Air Cargo sekitar Rp. 420.000,- per kg. Semakin berat maka harganya akan semakin murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *