Inilah Pose Yoga Yang Bisa Mengatasi Posisi Bayi Sungsang

sungsang

Kezanari – Setelah melakukan pemeriksaan terakhir, bayi anda dalam kondisi sungsang. Yaitu bagian kepala tidak berada di bawah dekat jalan lahir. Tapi diatas, sedangkan kaki bokongnya menutupi jalan lahir. Kondisi ini tentunya membuat ibu khawatir, apakah bisa melahirkan secara normal atau tidak. Seharusnya sekitar usia 32-34 minggu, bayi sudah mulai menempatkan diri untuk melahirkan. Yaitu kepala mendekati pinggul atau dekat jalan lahir. Jika anda mengalami kondisi ini, bisa melakukan beberapa gerakan yoga berikut ini.

sungsang

Puppy Dog

Pose puppy dog atau anahatasana menjadi pose pertama yang bisa anda coba. Posisi ini mudah dilakukan, dengan menaikan pelvis lebih tinggi dibandingkan kepala. Ini akan membuat ruang abdomen lebih luas dan membuat bayi bisa bergerak memutar ke arah bawah. Mulailah dengan posisi child pose. Kemudian naikan panggul dan telapak tangan dimajukan. Sehingga kedua lengan lurus. Letakan dagu di lantai. Ketika sudah dalam posisi ini, tarik nafas panjang selama beberapa kali. Tarik dan buang nafas secara perlahan.

Jika anda merasakan mual atau pusing, hentikan melakukan posisi ini. buat anda yang memiliki tekanan darah tinggi, juga dilarang melakukan posisi ini, karena bisa membahayakan janin dan ibu. Supaya lebih nyaman dan lutut tidak sakit, gunakan bantal tipis atau alas selimut.

Viparita Karani

Jika anda sudah tidak kuat mengangkat panggul, karena ukuran perut yang besar. bisa mencoba pose yoga yang satu ini. posisi ini lebih mudah dilakukan, karena anda cukup berbaring dan mengangkat kedua kaki ke atas. Letakan selimut atau alas lain untuk berbaring. Dibagian kepala dan panggul diberi bantal tipis supaya lebih nyaman. kemudian angkat kaki ke atas tembok secara perlahan. Ketika melakukan posisi ini, tarik nafas dan buang nafas secara perlahan. Lakukan posisi ini minimal selama 5 menit.

Buat anda yang menderita tekanan darah tinggi, jangan naikan panggul terlalu tinggi. Jika anda sudah merasa pusing, hentikan melakukan posisi ini. selain berbaring dengan kaki lurus ke atas, anda bisa sedikit menekuk kedua kaki. Bagian telapak menempel pada tembok. Anda juga bisa menggunakan kursi untuk menopang kedua kaki. Sehingga tidak perlu mengangkat kaki terlalu tinggi.

Pelvic Lifts Atau Bridge Pose

Posisi yang ketiga adalah pelvic lifts atau bridge pose. Caranya anda berbaring dengan kedua kaki yang terbuka selebar panggul. Kemudian tekuk kedua lutut dan kedua telapak kaki menekan ke lantai. Angkat pinggul anda secara perlahan ke atas. Anda juga bisa menggunakan bantal atau selimut tebal, untuk menyangga bagian pinggul. Mintalah bantuan suami atau pendamping lainnya untuk membantu anda melakukan posisi ini. lakukan gerakan ini minimal sebanyak 3 kali setiap harinya. Saat melakukan gerakan ini jangan lupa untuk bernafas panjang.

Cobalah untuk melakukan ketiga gerakan diatas secara rutin setiap harinya. Hingga bayi berada di posisi yang benar. Pastikan untuk melakukan posisi yang benar, sehingga hasilnya lebih maksimal. Tujuan melakukan gerakan ini untuk meluaskan ruang abdomen, sehingga bayi bisa memutar ke posisi yang benar. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter kandungan atau bidan terlebih dahulu. Hindari melakukan gerakan yang bisa membahayakan bayi atau ibu.

Berjalan kaki dan melakukan gerakan jongkok, juga bisa membantu mengatasi masalah bayi sungsang. Untuk penjelasan lainnya bisa cek di artikel <https://www.generasimaju.co.id/bayi-sungsang-bagaimana-mengatasinya>. sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *