Masalah pada Kendaraan yang Tidak Ditanggung Asuransi Kendaraan

asuransi kendaraan

Kezanari – Anda yang memiliki kendaraan jika ragu dengan keamanan dan risiko biaya yang akan ditanggung bisa menggunakan asuransi kendaraan. Ada banyak perusahaan asuransi yang bisa dipilih untuk itu Anda harus cermat dan hati-hati menentukan pilihan. Tidak semua masalah kendaraan akan ditanggung pihak asuransi. Berikut ini beberapa masalah yang tidak ditanggung.

asuransi kendaraan

1. Kerusakan karena Eksternal

Semula kalau Anda berpikir semua kerusakan ditanggung pihak asuransi maka jawabannya salah. Ada beberapa kerusakan yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi. Salah satunya adalah kerusakan mobil karena digunakan untuk mendorong atau pun menarik benda dan juga mobil lainya.

2. Penggunaan yang Salah

Asuransi juga tidak akan menanggung atau menerima klaim kendaraan yang digunakan untuk kegiatan yang salah. Misalnya penggunaan untuk latihan, perlombaan, dan menyalurkan hobi yang berisiko terjadinya kerusakan fatal. Anda juga tidak bisa melakukan klaim ketika kendaraan digunakan untuk tindak kejahatan baik dilakukan oleh pemegang polis atau pun keluarga.

3. Barang yang Dibawa

Anda yang beli asuransi mobil salah satunya untuk melakukan asuransi ketika muatan barang yang dibawa di luar ketentuan pabrik mobil. Jadi kerusakannya bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Hanya saja jika mobil digunakan untuk membawa hewan yang tidak sesuai ketentuan penggunaan mobil dan terjadi kerusakan tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi.

4. Penipuan dan Penggelapan

Mobil Anda tidak bisa diasuransikan karena mengalami kehilangan yang disebabkan penggelapan dan penipuan yang tidak masuk akal. Contohnya penipuan karena hipnotis yang dialami masuk dalam kategori tidak ditanggung asuransi. Penggelapan yang dialami juga tidak  bisa diajukan di tempat beli asuransi mobil yang Anda miliki.  

5. Terkena Zat Kimia

Kerusakan karena terkena zat kimia juga tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi. Di mana pun bagian mobil yang terkena zat kimia tidak akan diterima untuk pengajuan klaim. Jadi jika Anda membawa zat kimia harus dengan sangat hati-hati. Dimasukkan ke dalam box yang aman tanpa rembesan zat.

6. Kelebihan Muatan Penumpang

Asuransi juga tidak menanggung kelebihan muatan penumpang yang Anda lakukan jika mengalami kecelakaan. Ketika Anda membawa mobil dengan kapasitas 7 penumpang tetapi diisi 10 penumpang. Ini sudah menyalahi aturan dan tidak akan ditanggung apa pun oleh pihak asuransi.

7. Mabuk

Terjadinya kecelaan karena Anda selaku pengemudi mabuk juga tidak ditanggung. Tidak hanya mabuk, tetapi juga kecelakaan yang terjadi karena terpengaruh zat terlarang. Kecelakaan karena hal ini akan diketahui karena pihak kepolisian akan melakukan pemeriksaan dan pihak asuransi akan melakukan verifikasi.

8. Tidak Memiliki SIM

Kalau Anda tidak ada masalah dengan hal yang disebutkan di atas tetapi tidak memiliki SIM maka tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi. SIM menandakan Anda bisa mendapatkan hak selama mengendarai kendaraan. Jika tidak memiliki SIM maka Anda masuk dalam kategori pengemudi ilegal.

9. Kerusakan Ban, Pelek, Dop

Kerusakan pada bagian ban, pelek, dan dop tidak dapat dilakukan klaim jika yang rusak hanya bagian itu saja. Kerusakan bagian ini bisa diklaim jika berbarengan dengan yang lainnya. Misalnya ban rusak dengan pelek sekaligus.

Asuransi kendaraan bisa digunakan kapan saja di tempat mitra yang menjadi bagian dari asuransi. Anda bisa menanyakan kepada pihak asuransi keberadaan mitra tersebut agar lebih mudah. Jadi jika ada kerusakan selama perjalanan bisa langsung menuju lokasi atau menghubungi mitra yang terdekat di lokasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *