Mengenal Komponen Utama Genset

komponen genset

Kezanari – Komponen utama pada sebuah genset terdapat 2 bagian, yaitu Mesin dan Alternator. Berikut adalah komponen-komponen utama pada sebuah genset :

komponen genset

1. Mesin

Mesin adalah penggerak untuk genset agar dapat beroperasi. Seperti halnya mobil, mesin merupakan komponen vital dalam sebuah genset. Genset dengan mesin yang besar biasanya memiliki kapasitas daya yang besar pula. Tips bagi Anda, dalam membeli genset pastikan dulu bahan bakar pada mesin genset tersebut. Bensin atau solar, untuk genset kapasitas besar biasanya menggunakan solar. Untuk genset yang memiliki kapasitas kecil pada umumnya menggunakan bahan bakar bensin.

2. Alternator

Alternator merupakan komponen pada genset yang mampu menghasilkan output listrik yang disalurkan oleh mesin. Terdapat berbagai komponen pada alternator yang mampu membuat gerakan relatif antara medan magnet dan listrik. Beberapa komponen pada alternator antara lain:

Rotor yang bergerak di sekitar stator menghasilkan medan magnet yang menginduksi tegangan perbedaan antara gulungan stator. Hal ini menghasilkan arus bolak-balik atau Arus AC dari generator.

Itulah komponen utama pada sebuah mesin genset, sebenarnya untuk komponen pendukung pada genset sangat banyak karena genset terdiri dari berbagai rangkaian yang menyatu sehingga mampu menghasilkan listrik.

Untuk memilih sebuah genset jangan asal pilih, ada beberapa poin yang perlu kita perhatikan antara lain:

Kapasitas, kita perlu menghitung beban yang kita gunakan kemudian memilih kapasitas genset seusai kebutuhan. Jika beban kita 10Kva maka jangan memilih genset dengan kapasitas 10Kva, pilihlah genset dengan kapasitas diatasnya. Misalnya 15kva atau 20kva, hal ini digunakan untuk memberikan ruang pada genset agar tidak bekerja dengan beban yang terlalu berat.

Kemudian yang kedua adalah jenis mesin, jenis mesin disini mempengaruhi bahan bakar yang digunakan untuk mesin kapasitas besar baiknya menggunakan mesin dengan bahan bakar solar. Untuk kapasitas kecil menggunakan bahan bakar bensin.

Ketiga adalah voltase, jika perangkat kita membutuhkan listrik 3 phase maka kita perlu membeli genset dengan voltase 3 phase. Genset dengan voltase 3 phase dapat digunakan untuk perangkat 1 phase dan 3 phase. Genset dengan voltase 1 phase hanya mampu digunakan untuk perangkat 1 phase saja.

Poin yang perlu juga perhatikan adalah penjual genset tersebut, pilihlah genset yang sudah terbukti handal dengan penjual yang kredibel. Jangan hanya menjual saja tapi lepas tangan jika terjadi masalah. Pastikan genset bergaransi dan suku cadangnya mudah ditemukan.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Rental genset murah terdapat banyak genset berkualitas dan masih banyak alat lain yang ditawarkan oleh Sewatama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *