Mengenal Stadion-Stadion Penyelenggara Euro 2020/2021 Sebagai Tuan Rumah

stadiion penyelenggara euro

Kezanari – Euro/ Piala Eropa tahun 2020 sedikit berbeda jika dibandingkan dengan gelaran turnamen Eropa sebelumnya. UEFA memutuskan ada 11 kota pada sebelas negara untuk menjadi pihak tuan rumah laga kejuaraan satu ini. Setelah tertunda kurang lebih selama setahun dari waktu jadwal semula, pihak UEFA memastikan ajang Euro 2020 berlangsung. Lebih tepatnya dari 11 Juni sampai 11 Juli 2021 dan Hasil Pertandingan Piala Eropa 2020 sudah bisa kita lihat sekarang. Di bawah ini, ada beberapa stadion yang berkesempatan menjadi tuan rumah laga Euro 2020 tersebut.

stadiion penyelenggara euro

Wembley Stadium, Inggris

Wembley Stadium merupakan salah satu lokasi tempat berlangsungnya Euro 2020. Ibukota Inggris yaitu London merupakan kota yang diminati oleh wisatawan dari seluruh dunia. London ini ialah rumah bagi Ratu Inggris serta pernah 3 kali sebagai tuan rumah ajang Olimpiade. London mempunyai beberapa ikon terkenal misalnya seperti Tower Bridge, London Eye, Big Ben, Trafalgar Square, Madame Tussauds, Westminster Abbey, dan lainnya. Wembley sendiri merupakan tuan rumah dengan total delapan kali pertandingan laga Euro 2020/2021.

Termasuk pertandingan 16 besar, semi final dan juga final. Stadion ini juga menjadi tempat untuk tiga kali tanding Grup D dan berbagi tugas bersama Hampden Park. Wembley ini pada awalnya merupakan tuan rumah final dan semifinal saja, tetapi ada tambahan untuk empat pertandingan menyusulnya dicoret Dublin dan Brussel sebagai tuan rumah ajang Euro 2020. Wembley Stadium merupakan salah satu Stadium sepak bola yang terbesar lebih tepatnya terbesar kedua kalau di Eropa.

Johan Cruyff Arena, Belanda

Amsterdam ialah salah satu negara pusat pariwisata Eropa serta dikunjungi 17 juta para wisatawan setiap tahunnya. Amsterdam terkenal akan kota sepeda, banyak perjalanan di sini yang ditempuh dengan memakai sepeda. Amsterdam sebagai Ibu kotanya Belanda ini identik juga dengan sungai kecil atau kanal yang di bagian atasnya terdapat 1,500 jembatan. Stadion Johan Cruyff Arena merupakan penyelenggara dari tiga pertandingan untuk Grup C dan salah satunya dari 16 kali pertandingan untuk turnamen ini. Letaknya di daerah ibu kota dan stadion ini berkapasitas hingga 54.990 kursi dan menjadi markas Eredivisie Ajax serta timnas Belanda. Stadion ini sudah dibuka dari sejak 1996 dan dilengkapi atap yang dapat dibuka dan juga sebelumnya merupakan tuan rumah dari lima pertandingan ajang Euro 2000. Stadion ini menjadi panggung untuk laga final Champions juga di tahun1998.

Parken Stadium, Denmark

Denmark memiliki ibu kota Kopenhagen sekaligus yang menjadi kota paling besar di Denmark. Kopenhagen menjadi pusat ekonomi, budaya, dan politik di Denmark. Termasuk salah satu daerah pusat keuangan Eropa Utara karena terdapat Bursa Saham di Kopenhagen tersebut. Semenjak dari selesai dibangun Jembatan Oresund, ada kawasan metropolitan di Kopenhagen yang terhubung provinsi Scania, Swedia, dan dengan kota terbesar Malmo. Ada pun tempat-tempat terkenal Kopenhagen diantaranya seperti Taman Tivoli, Gereja Frederik, Kastil Rosenborg, serta masih ada banyak lagi yang lainnya.

Sementara Parken Stadium Kopenhagen menjadi tempat tuan rumah untuk tiga pertandingan pada Grup B serta pertandingan terakhir 16 besar. Parken Stadium tersebut merupakan basis timnas Denmark serta FC Copenhagen. Selain itu, Parken Stadium merupakan salah satunya dari 4 buah stadion yang menjadi lokasi tuan rumah untuk pertandingan Euro tahun ini dan stadion yang terkecil dengan kapasitas 38.000 orang. Sebearnya masih ada banyak lagi stadion yang digunakan sebagai tuan rumah Piala Eropa 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *