Pantai Gigi Hiu Lampung, Pesona Alam Tersembunyi

gigi hiu lampung

Kezanari – Pernahkah Anda mendengar Pantai Gigi Hiu? Memang belum banyak orang yang mengetahui pantai ini. Namun, bagi warga lampung dan para pecinta fotografi nama pantai ini sedang banyak dibicarakan. Pasalnya, pantai ini menawarkan pemandangan yang berbeda dari pantai lainnya. Apa yang membuat pantai Gigi Hiu Lampung istimewa? berikut ulasannya.

gigi hiu lampung

Pantai Gigi Hiu

Pantai ini berlokasi di Bumi Sari Natar, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tenggamus Lampung. Pesona utama pantai ini adalah bebatuan alami yang menjulang tinggi dengan ketinggian yang beragam, mulai dari 1—10 meter dan tertata rapi layaknya gigi ikan hiu. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa pantai ini diberi nama “Gigi Hiu”.

Pantai ini juga dikenal sebagai “Batu Layar” oleh beberapa orang, hal ini disebabkan karena beberapa batu yang terdapat pada pantai ini berbentuk besar dan melebar layaknya layar perahu.

Cara Menuju Pantai Gigi Hiu

Jika Anda ingin mengunjungi pantai Gigi Hiu, Anda harus siap untuk berpetualang. Pasalnya, pantai ini masih belum banyak dijamah sehingga akses jalannya masih sangat terbatas. Meski demikian, perjuangan Anda selama perjalanan akan terbayar lunas setelah sampai di pantai ini. Secara umum, ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk mencapai pantai ini.

Rute pertama, Anda bisa melewati Teluk Kilauan yang berjarak sekitar 80 km dari Bandar Lampung. Setelah tiba di gerbang utama Teluk Kiluan, ada jalur menanjak sebelah kiri dengan petunjuk jalan menuju pantai Gigi Hiu. Mulai dari sini, sebaiknya gunakan ojek mengingat jalurnya cukup ekstrem dan licin.

Rute Kedua, Anda bisa melewati Padang Cermin, lalu menuju Bawang hinga Kampung Kelumbayan. Rute ini tidak jauh berbeda dengan rute pertama dari segi medan. Namun, jika Anda dari Bandar Lampung rute ini lebih cepat.

Pesona Pantai Gigi Hiu

Ketika tiba di pantai ini Anda akan langsung disuguhkan pemandangan batuan yang menjulang tinggi dan tertata, seakan ada seseorang yang menyusun batuan-batuan tersebut. Selain itu, pantai ini belum banyak terjamah wisatawan, sehingga Anda bisa melihat hamparan lautan berwarna biru pekat dengan gulungan ombak yang menawan.

Namun, ombak di pantai ini terbilang cukup besar dan jalur perjalanan yang cukup sulit, sehingga tempat ini tidak cocok untuk wisata keluarga. Pantai ini lebih cocok bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman baru dan berjiwa petualang.

Tempat ini juga kurang ideal untuk wisata bahari seperti snorkling, sedangkan untuk berenang masih ada beberapa tempat yang memilki arus yang lebih tenang. Memang pada dasarnya orang yang mengunjungi pantai ini adalah orang yang ingin menikmati pemandangan, hunting foto atau mencari ketenangan.

Pemandangan terbaik di pantai Gigi Hiu Lampung adalah pada pagi dan sore hari, ketika cahaya lembayung jingga mulai membanjiri gugusan batuan-batuan besar nan kokoh. Pemandangan ombak yang menghantam karang dengan pantulan sinar jingga yang indah, sangat sangat sayang jika tidak diabadikan.

Setelah puas menikmati pemandangan dan mengambil gambar, Anda bisa berpindah ke Teluk Kilauan. Jika beruntung, Anda akan menemukan kawanan lumba-lumba yang kerap muncul di kawasan tersebut.

Selain panorama yang sangat indah untuk dijadikan objek fotografi, pantai ini juga memiliki banyak sekali spot bagus untuk berswafoto. Jadi, pastikan Anda membawa memori yang cukup agar tidak ada momen indah yang terlewat untuk diabadikan.

Itulah beberapa ulasan singkat dari pantai Gigi Hiu Lampung yang belum diketahui banyak orang. Berhubung pantai ini belum dikelola dengan baik, jadi aspek pendukungnya pun—seperti penginapan—masih  kurang. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini dan membutuhkan penginapan nyaman dengan pelayanan yang profesional, Batiqa Hotels bisa jadi pilihan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *