Prestasi Brilian Dari Para Dosen IPB

dosen ipb

Kezanari – Indonesia memiliki banyak universitas-universitas yang berkualitas. Sebut saja UI, UGM, dan ITB. Namun, jangan lupakan IPB yang juga layak disejajarkan dengan kampus-kampus ternama lainnya. Kualitas sebuah kampus tak lepas dari kualitas rektor dan para dosennya. IPB sendiri baru-baru ini menjadi perbincangan banyak pemberitaan media karena prestasi yang didapatkan oleh rektor dan dosen IPB. Tentu saja, prestasi mereka menjadi kebanggaan tak hanya kebanggaan individu tapi juga kebanggaan kampus.

dosen ipb

Penghargaan Dosen dengan Tugas Tambahan sebagai Pemimpin Perguruan Tinggi

Dr. Arif Satria yang menjabat sebagai rektor IPB berhasil mengharumkan universitas atau kampus yang dipimpinnya dengan meraih sebuah penghargaan yang membanggakan. Penghargaan yang diraih adalah sebagai Academic Leader Award pada tahun 2019. Ia memperoleh penghargaan ini untuk kategori Dosen dengan Tugas Tambahan sebagai Pemimpin Perguruan Tinggi. Ia memperoleh peringkat kedua pada penghargaan bergengsi ini.

Penghargaan tersebut diterimanya secara langsung di malam Anugerah Academic Leader Award yang diselenggarakan di Hotel Harris Vertu Harmoni, Jakarta pada Selasa, 1 Oktober 2019. Penghargaan yang diraihnya menunjukkan betapa hebatnya seorang Dr. Arif Satria. Ia tak hanya terbukti bisa menjadi dosen yang handal yang mencerdaskan para mahasiswa dan mahasiswinya namun juga sebagai seorang rektor yang mampu memimpin sebuah universitas untuk tumbuh dan maju sehingga menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Penghargaan ini dipersembahkan oleh Kementrian Riset, Teknologi & Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Penghargaan ini merupakan sebuah bentuk apresiasi kepada para dosen yang sudah bekerja keras dan berhasil membuat karya inovasi yang memberikan manfaat besar untuk pembangunan nasional.  Tentu saja, penghargaan ini sangat bergengsi di kalangan dosen-dosen terbaik di seluruh Indonesia. Dr. Arif Satria dan IPB patut untuk bangga karena telah meraih penghargaan ini. Penghargaan ini juga diharapkan untuk bisa memotivasi dosen IPB lainnya agar memberikan yang terbaik untuk kampusnya.

Perlu diketahui, Academic Leader Award sendiri dibagi ke dalam 3 kategori. Kategori pertama adalah Dosen sebagai Academic Leader. Kategori kedua adalah Dosen dengan Tugas Tambahan sebagai Pimpinan Perguruan Tinggi. Kategori ketiga adalah Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Kesemuanya merupakan penghargaan bergengsi dan menbanggakan bagi siapapun yang meraihnya.

Penghargaan Dosen Bidang Teknologi

Di pihak lain, Prof. Dr. Slamet Budijanto, MAgr sukses meraih juara pertama kategori Dosen Bidang Teknologi di malam puncak acara Academic Award 2019 tersebut. Dosen yang juga menjadi wakil dekan bidang sumberdaya, kerjasama & pengembangan fakultas teknologi pertanian IPB ini resmi dinobatkan menjadi juara karena inovasi pengembangan yang telah ia ciptakan yaitu vehicle disversifikasi pangan bersumber pangan lokal untuk penguatan kedaulatan pangan. Penghargaan ini diberikan kepada peneliti yang benar-benar konsisten melakukan penelitiannya, dalam kondisi apapun.

Penghargaan Pemimpin Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi

Lain lagi dengan Dr. Illah Sailah. Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB ini sukses meraih juara kedua penghargaan Academic Leader pada kategori Pemimpin Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).

Para finalis penghargaan Academic Leader Award adalah dosen-dosen yang mempunyai karakter inspiratif serta semangat berkarya yang excellent. Yang paling utama adalah mereka merupakan tokoh visioner yang mana memiliki kemampuan membawa institusinya ke masa depan.

Di era ini, tantangan para dosen semakin berat. Dosen tak hanya bertugas menyampaikan lagi, namun juga mengembangkan keilmuan dan mensosialisasikan bahkan mentransformasikan keilmuannya untuk seluruh masyarakat. Mudah-mudahan prestasi-prestasi yang diraih dosen IPB bisa memotivasi para pengajar lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *