Ragam Tanda-Tanda Melahirkan yang Sudah Dekat

tanda-tanda melahirkan

Kezanari – Salah satu hal yang paling mendebarkan bagi ibu hamil adalah menanti waktu melahirkan. Memang, secara medis, ada HPL yang sudah ditentukan dan bisa menjadi acuan. Namun, terkadang, HPL tersebut meleset. Oleh karenanya, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan tanda-tanda melahirkan terutama jika waktunya sudah dekat.

Ya, tanda-tanda tersebut merupakan hal yang alami. Dengan munculnya tanda-tanda tersebut, bisa dikatakan jika proses persalinan akan segera bisa dilakukan.

Lantas, apa saja tanda-tanda melahirkan, terutama yang menandakan waktu persalinan yang sudah dekat? Simak ulasan selengkapnya!

tanda-tanda melahirkan

1. Pecahnya kantong tuban

Salah satu tanda yang paling jelas untuk menunjukkan waktu melahirkan yang sudah dekat adalah pecahnya kantong tuban. Kantong ini adalah tempat yang berisi cairan di mana berfungsi untuk melindungi bayi saat tumbuh di dalam rahim.

Saat kantong ini pecah, maka persiapan menuju persalinan harus segera dilakukan. Hal ini dikarenakan untuk menghindari risiko bayi keracunan air tuban tersebut.

2. Hilangnya sumbat lendir

Sumbat lendir merupakan kumpulan dari lendir kental yang menutupi area serviks. Fungsi utama dari sumbat lendir ini adalah untuk menghalangi masuknya bakteri ke area rahim. Namun, ketika waktu melahirkan sudah mendekat, maka sumbat lendir ini nantinya akan mengendur dan lepas.

Hilangnya sumbat lendir adalah salah satu cara alami tubuh untuk menyiapkan kelahiran. Jika Anda menemukan sumbat lendir yang telah hilang saat hamil, maka waktu melahirkan sudah semakin dekat.

3. Kontraksi asli

Menjelang kelahiran, ibu hamil akan mengalami kontraksi asli yang cukup sering. Kontraksi ini didorong pula dengan pelebaran serviks yang terjadi. Apabila hal ini sudah muncul, maka artinya waktu melahirkan sudah semakin dekat dan Anda harus menyiapkan diri.

4. Diare

Diare juga bisa menjadi tanda bahwa waktu melahirkan sudah dekat. Ketika menjelang waktu melahirkan, tubuh akan menghasilkan hormon yang lebih tinggi. Adanya fluktuasi hormon inilah yang akan membuat tubuh memberikan respons, salah satunya adalah diare.

Nah, beberapa tanda-tanda melahirkan di atas bisa dijadikan patokan. Jika tanda tersebut muncul, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *