Sejuta Cara Memotivasi Diri Agar Tak Larut dalam Keterpurukan

cara memotivasi diri

Kezanari – Manusia bukanlah makhluk yang selalu berada dalam kondisi bermental prima. Ada kalanya seseorang akan terjatuh sehingga perlu membangkitkan semangat lebih. Anda tidak boleh terpuruk terlalu lama sampai meratapi nasib secara berlebihan. Terjatuh bukanlah hal yang teramat sangat disesali, ada banyak pelajaran ketika terjatuh. Pada kondisi inilah seseorang membutuhkan adanya motivasi. Namun, motivasi terbaik adalah motivasi dari dalam diri sendiri. Lalu bagaimana cara memotivasi diri sendiri agar bisa bangkit.

Anda perlu menyadari realitas yang ada. Bahwa sejatinya seseorang tidak bisa membuat bangkit tanpa ada motivasi diri yang besar. Bahkan ketika misalnya ada seekor kijang yang berlari dari kejaran singa, lalu ia terjatuh oleh lubang kecil di tanah membuatnya jatuh tergeletak. Sementara singa terus mengejar dan dalam waktu dekat ia tinggal beberapa meter siap menerkam kijang. Ketika si Kijang tidak segera bangkit bahwa realitanya ia terjepit diantara dua masalah antara lari atau tetap di situ menjadi makanan singa. Rasa malas untuk bangkit itu lah yang terkadang justru membuat makin terpuruk. Maka sejatuh-jatuhnya jangan pernah marah dan menyerah untuk bangkit. Di bawah ini adalah beberapa cara agar motivasi diri Anda bisa dibangkitkan.

cara memotivasi diri

Jangan Terlalu Sibuk Dengan Rutinitas Hidup

Kesibukan terkadang membuat Anda makin sulit melakukan intropeksi diri dan merenung. Setidaknya walau hanya sejenak, Anda perlu beristirahat agar tidak terlalu membuat capai tubuh Anda. Terkadang kegiatan yang dipaksakan bisa menurunkan mental diri sehingga perlu dibangkitkan kembali agar lebih semangat menjalani hidup.

Bersyukur dalam Segala Hal

Kebanyakan orang adalah mengeluhkan beberapa masalah yang ada. Sebenarnya dengan mengeluh, Anda malah bisa semakin down. Ada baiknya Anda justru menghadapinya dengan bersyukur karena dengan rasa syukur Anda bisa semangat menjalani semuanya. Bahwa tidak semua kebahagiaan hidup diukur dengan standar yang mungkin bisa dianggap proses gagal. Bahkan untuk urusan posisi, jangan terlalu sering melihat ke atas, tapi sesekali lihatlah ke bawah bahwa betapa beruntungnya Anda.

Liburan Ke Tempat Yang Menyenangkan

Untuk menghilangkan kejenuhan, Anda tidak harus menyendiri dan merenungi masalah. Otak Anda sangat perlu untuk melakukan refreshing terlebih pergi ke lokasi yang jauh dari kebisingan. Otak tidak bisa bekerja di bawah tekanan pertanyaan yang memberatkan. Sebaliknya otak butuh disegarkan kembali dengan melihat tempat-tempat yang hijau atau asri yang penting hati menjadi tenang. Otak jangan terlalu lama diajak pada keterpurukan, tapi ia perlu melihat kesegaran supaya bisa bangkit dari keterpurukan. Berlibur tidak harus di tempat yang mahal namun yang sekiranya membuat Anda bahagia dan makin tenang.

Rekontruksi Rencana Berikutnya

Perencanaan adalah hal yang sangat penting di segala hal. Pencapaian pun akan sulit didapatkan jika tidak dibarengi rencana. Apapun rencana yang gagal jangan jadikan beban yang terus membanduli langkah atau membuat pikiran buntu. Tapi cobalah lagi walau sampai berkali-kali gagal. Bahkan seorang Thomas Edison penemu Bohlam, 99 kali ia gagal satu kali ia berhasil. Berat bukan, andaikan seandainya Edison kehilangan satu semangat terakhirnya, mungkin sampai saat ini tidak akan dikenal adanya lampu. Jadi jangan takut mencoba dan mencoba lagi.

Menjadikan Kegagalan Sebagai Pelajaran

Kegagalan bukanlah hal yang langka, banyak orang yang mengalami kegagalan. Dengan kegagalan, sebaiknya Anda belajar lebih baik dalam mengelola semuanya. Dipelajari bagaimana caranya agar tidak terulang lagi di masa yang akan datang. Kuncinya ada pada diri Anda, berpikirlah positif, Anda bisa.

Demikian tentang cara memotivasi diri yang sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa pula memotivasi penyandang diasbilitas dengan mendukung hashtag di #GerakTakTerbatas dengan mengunduh aplikasi Gerak by Rexona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *