Simak Ulasan Tentang Reksadana Syariah untuk Investasi Berikut Ini!

Reksadana Syariah

Kezanari – Reksadana merupakan kumpulan dana/modal dari sekumpulan investor yang dikelola oleh Manajer Investasi (MI) untuk kemudian diinvestasikan ke berbagai macam efek di pasar modal berupa saham, obligasi, atau efek lainnya, dalam bentuk unit penyertaan. Dalam mengelola keuangan secara syariah, efek yang dijadikan sebagai portofolio adalah efek yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal, yaitu saham syariah, sukuk, dan efek syariah lainnya. Pilihan ini sangat cocok untuk investor yang memiliki keterbatasan dalam pengetahuan, waktu, informasi dan dana sehingga akan mengurangi resiko dari investasi karena tersebarnya berbagai produk.

Reksadana

Pengelolaan investasi syariah memiliki kemungkinan tidak memenuhi kriteria syariah maka perlu dilakukan pembersihan. Pembersihan dari non halal merupakan tahapan penyesuaian portofolio pengelolaan saham ketika daftar efek syariah terbaru telah berlaku efektif. Jika dalam salah tidak termasuk daftar efek syariah maka harus dikeluarkan dari salah tersebut dikeluarkan dari portofolio syariah saham. Produk reksadana syariah berbeda sesuai dengan manajer investasi dan tipe yang digunakan serta bank kustodian.

Berikut adalah karakteristik investasi secara syariah:

  • Terjangkau: Unit penyertaan investasi secara syariah dapat dibeli paling sedikit Rp100.000,-.
  • Diversifikasi Investasi: investasi syariah merupakan kumpulan berbagai efek, sehingga memperkecil resiko investasi jika kinerja salah satu efek mengalami penurunan.
  • Efisiensi Biaya dan Waktu: Biaya investasi di syariah relatif rendah dan investor tidak perlu memantau karena sudah dilakukan oleh MI.
  • Hasil Optimal: imbal hasil investasi (return) sesuai dengan jangka waktu dan jenis investasi syariah yang diinginkan.

Jenis instrumen investasi syariah seperti pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, terproteksi, indeks, Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan melalui bursa efek, KIK penyertaan terbatas dan berbasis efek syariah luar negeri. Investasi syariah ini dapat dibeli melalui bank, perusahaan efek penyedia online trading syariah dan marketplace yang bekerjasama dengan perusahaan efek. Dalam dana syariah semakin tinggi return maka semakin tinggi resikonya dan yang paling tinggi adalah dana syariah saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *