renovasi rumah murah

Tips Renovasi Rumah Tanpa Menghabiskan Banyak Biaya

Kezanari – Banyak penyebab seseorang ingin merenovasi rumahnya. Beberapa di antaranya yaitu bangunan yang sudah tua dan tidak layak huni, ingin mengubah desain, atau ingin menambah kamar. Nah, jika Anda pun berencana merenovasi rumah, maka untuk menekan biaya di luar bujet bulanan ini, Anda perlu mengetahui Tips Renovasi Rumah Tanpa Menghabiskan Banyak Biaya berikut ini.

renovasi rumah murah

1. Merencanakan dengan Matang

Rencanakan dengan matang renovasi seperti apa yang ingin Anda pilih. Langkah ini bertujuan agar alokasi dana yang sudah Anda anggarkan tidak melebar kemana-mana. Jika ingin memperbaiki keseluruhan bangunan, buat estimasi biayanya secara terperinci. Mulai dari bahan bangunan seperti batu, bata, semen, pasir, kayu, bambu, dan bahan dasar lainnya.

Sedangkan untuk renovasi sebagian atau hanya menambah kamar, Anda anggarkan biaya untuk satu kamar saja. Jangan menambah untuk merenovasi bagian lain yang masih bagus dan layak huni. Kecuali Anda memang sudah menganggarkan biaya renovasi dengan tujuan mengganti desainnya sehingga bisa lebih kekinian atau up to date.

2. Membuat Desain Minimalis

Desain minimalis bukan berarti minim biaya. Apalagi jika Anda tidak pandai membuat desain sesuai ukuran tanah yang Anda miliki. Sesuai dengan bangunan awal hunian Anda, jika ingin merenovasi total, lebih baik tetap membuat desain yang minimalis.

Kalaupun Anda ingin melebarkannya, pertimbangkan untuk tetap menyisakan lahan untuk teras, taman, atau sekedar garasi terbuka. Jika ingin menambah kesan luas, Anda bisa mencoba mengubah desain interiornya. Selain itu, Anda bisa mencoba menerapkan desain apartemen studio, yaitu meminimalisir partisi yang membuat ruangan terlihat sempit.

Misalnya, mengganti tembok permanen dengan penyekat dari bahan bambu yang bisa dilipat untuk memisahkan ruang tengah dan dapur atau kamar mandi. Anda bisa memasang penyekat tersebut saat ada tamu yang berkunjung untuk privasi.

3. Menggunakan Tenaga Lokal

Jika menggunakan jasa profesional seperti artis yang khusus mengundang desainer untuk merancang sekaligus mengurus bangunan sampai siap tinggal, tentu tidak murah. Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa mendapat pelayanan prima ini dari tukang bangunan atau mandor bangunan lokal yang sudah profesional tentang hal ini.
Selain biayanya lebih murah, dengan tips renovasi rumah murah ini, Anda bisa leluasa berdiskusi dan berkonsultasi dalam menentukan desain rumah yang cocok untuk lahan yang Anda miliki serta bahan bangunan yang berkualitas.

4. Survei Harga Bahan Bangunan

Tips keempat ini bisa Anda peroleh dari internet atau bertanya di beberapa toko bangunan di sekitar tempat tinggal Anda. Jika malu, Anda bisa sekalian beli paku atau sekadar 1-2 kg cat yang bisa Anda gunakan untuk tambahan (ada kaitannya dengan tips kelima).

Selain survei harga ke toko, tips ini juga bisa Anda lakukan dengan cara seperti tips ketiga, yaitu berkonsultasi pada tukang atau mandor bangunan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan jika Anda menyewa jasa mereka untuk merenovasi hunian Anda.

5. Menggunakan Cat Senada

Meski kelihatnnya sepele, menggunakan cat dengan warna senada untuk diaplikasikan di semua dinding bisa menekan bujet Anda untuk biaya beli cat. Anda bisa menggunakan cat sisa atau beli kiloan untuk variasi warna pada beberapa spotnya, misalnya, pada kusen jendela. Jadi, Anda pun bisa menyuguhkan suasana baru dengan bujet minimal tapi elegan.

Dengan menerapkan salah satu atau semua tips di atas, Anda bisa menghemat biaya daripada menjualnya lantas membeli yang baru. Selain tidak repot untuk mengurus pindahan rumah atau sekolah anak (jika lokasinya jauh), Anda juga bisa mengetahui kualitas bahan bangunan rumah yang akan Anda tinggali, terutama bagian yang direnovasinya.

Tips Renovasi Rumah Tanpa Menghabiskan Banyak Biaya lainnya yaitu dengan membeli bahan bangunan berkualitas stok lama. Dengan menerapkan semua tips tersebut, Anda tidak perlu merisaukan biaya selangit untuk renovasi hunian minimalis Anda. Tips-tips ini sangat cocok untuk diterapkan pada rumah tipe 36 yang biasa dihuni keluarga kecil atau pasangan baru menikah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *