Toko Bunga Semarang: Perhatikan Hal Berikut Saat Membeli Bunga Potong

toko bunga semarang

Kezanari – Bunga menjadi salah satu penghias sudut ruangan yang paling banyak disukai, terutama bagi kaum wanita. Meskipun kini ada hiasan bunga palsu yang lebih praktis untuk diletakkan di meja maupun sudut ruangan, namun tak sedikit yang lebih memilih menggunakan bunga segar atau bunga potong. Selain bisa memberikan nuansa keindahan yang sesungguhnya, beberapa jenis bunga potong tertentu juga memiliki aroma yang khas sehingga mampu meningkatkan mood. Mencari bunga potong termasuk mudah saat ini. Karena di tiap-tiap toko bunga pasti menyediakan bunga potong dengan berbagai jenis dan warna. Baik itu di toko bunga Semarang maupun di toko bunga kota-kota lainnya.

Dalam membeli bunga potong tentunya perlu perhatikan baik-baik. Karena tak jarang beberapa orang yang kurang paham dan tidak menyadari apakah bunga yang dibeli dalam kondisi segar. Sehingga jika kurang beruntung, bunga yang dibeli kurang segar dan tidak bisa bertahan lama. Maka dari itu, berikut ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar mendapatkan bunga potong yang segar:

toko bunga semarang

1. Cek warna kelopak bunga.

Bunga potong yang sudah dipisahkan dari batang hidupnya maka lama kelamaan akan mudah menjadi layu. Untuk itu dalam membeli bunga potong perlu trik agar tetap segar dalam waktu lama. Seperti saat membeli bunga mawar potong misalnya, cari bunga dengan warna yang masih cerah. Hindari bunga mawar dengan kelopak bunga yang warnanya telah memudar, transparan, atau berwarna agak kecoklatan. Untuk mengetahuinya kondisinya masih baik atau tidak, Anda bisa memeriksa bagian kelopaknya apakah memiliki bercak hitam, sobek, ataukah terbakar tidak pada bagian tepinya.

2. Lihat bagian bawah kelopak bunga.

Selain memperhatikan warna kelopak bunga, saat membelinya di toko bunga Semarang pastikan juga mengecek bagian bawah kelopak bunga. Caranya dengan meraba bagian tersebut dengan tangan. Bunga potong yang sudah tidak segar pada bagian bawah kelopaknya terasa lembek dan lembab sehingga memiliki resiko untuk mudah rontok. Untuk mendapatkan bunga yang masih segar, pada bagian bawah kelopak bunga biasanya memiliki tekstur yang kuat dan sedikit keras.

3. Cek pada batang bunganya.

Selanjutnya Anda juga bisa mengetahui bunga potong yang akan dibeli dalam kondisi segar atau tidak adalah dengan mengecek bagian batangnya. Jika batang bunga sudah lembek dan berubah warnanya menjadi kecoklatan, maka bunga tersebut sudah terinfeksi dan sudah tidak segar lagi. Untuk itu, hindari membeli bunga potong dengan kondisi batang yang demikian. Agar mendapatkan bunga potong yang segar dan tahan lama, bagian batang bunga harus yang masih keras, tekstur batang tidak berair, serta tidak berbau.

4. Perhatikan kondisi daun.

Untuk mengetahui kondisi bunga masih segar atau tidak juga bisa dilihat dari kondisi daunnya. Bunga dengan daun yang segar, berwarna hijau terang, dan tidak mudah rontok akan memiliki kualitas bunga yang baik. Hindari membeli bunga dengan kondisi daun yang berwarna kuning kecoklatan, serta memiliki bintik-bintik maupun lubang di permukaannya karena hal ini bisa menunjukkan bahwa bunga sudah dihinggapi serangga maupun bakteri.

5. Pilih bunga yang masih dalam keadaan menguncup.

Perlu diketahui juga, saat membeli bunga potong di toko bunga Semarang maupun toko bunga lainnya, sebaiknya memilih bunga yang masih dalam kondisi menguncup. Hal ini bukan tanpa sebab. Karena bunga yang menguncup ini nantinya akan mekar secara perlahan-lahan dan bisa memberikan bunga potong segar yang lebih tahan lama. Setelah membelinya, Anda bisa menaruh bunga potong yang menguncup tersebut ke dalam vas yang berisi air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *